Jawaban Soal TTS Pendidikan Agama Islam SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Photo of author

Jawaban pada artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal soal yang terdapat pada Buku Siswa. Namun, ada bainya kalian mencoba untuk mengerjakannya dulu sendiri ya. Setelah itu, baru kalian cocokan jawaban kalian dengan jawaban berikut ini. Namun sebelumnya, yuk kita baca terlebih dahulu ringkasan materi tentang Surat Al hujarat ayat 13 dan Hadist Rasulullah Shalallahu ‘alllaihi wasallam dan Soal TTS.

Baca Juga: Komponen dan Cara Kerja Sistem Pengapian Konvesional, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK kelas XII

Ringkasan Materi Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”

Melalui Surat Al Hujurat ayat 13 ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala memberitahukan bahwa manusia seluruhnya merupakan satu keturunan. Berasal dari kakek dan nenek moyang yang sama; yaitu Adam dan Hawa.

Baca Juga:  Jawaban Aktivitas 10.4 halaman 230 Peta Konsep Mengenai Sejarah Berdirinya Umayyah di Spanyol

Dari keturunan yang sama, manusia kemudian Allah jadikan berkembang menjadi sangat banyak. Berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Dengan keragaman itu, Allah menghendaki agar manusia saling mengenal. Semakin dekat pengenalan kepada selainnya, semakin terbuka peluang kerja sama dan saling memberi manfaat.

Manusia yang beragam itu sesungguhnya setara di hadapan Allah. Yang membedakan mereka adalah ketaqwaannya. Kemuliaan manusia di sisi Allah ditentukan tingkat ketaqwaan mereka.

Baca Juga: Jawaban Bacaan Volume BAB 2 tentang Wujud Zat dan Perubahannya IPAS kelas 4

Hadist Rasulullah Shalallahu ‘allaihi wasallam tentang Keragaman

Keragaman dan perbedaan adalah sunnatullah yang telah sengaja Allah Subhanahu wata’ala ciptakan sebagaimana dinyatakan dalam Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Keragaman dan perbedaan bukan untuk diperselisihkan, tapi dicari titik persamaan yang mengantarkan pada sikap saling menghargai dan menghormati.

Perbedaan bangsa, suku dan warna kulit bukan penentu kemuliaan. Hanya takwa yang menentukan nilai seseorang. Hal ini ditegaskan juga oleh Rasulullah shalallahu ‘allaihi wasallam dalam hadisnya. Seperti pesan Rasulullah SAW saat haji wada (haji perpisahan). Dari Abu Nadhrah telah menceritakan kepadaku orang yang pernah mendengar khutbah Rasulullah SAW di tengah-tengah hari tasyriq, beliau bersabda:

وعن أبي نضرة قال: «حدثني من سمع خطبة النبي صلى الله عليه وسلم في وسط أيام التشريق فقال: ” يا أيها الناس، إن ربكم واحد وأباكم واحد، ألا لا فضل لعربي على عجمي، ولا لعجمي على عربي، ولا أسود على أحمر، ولا أحمر على أسود إلا بالتقوى، أبلغت؟ “. قالوا: بلغ رسول الله صلى الله عليه وسلم.

Dari Abu Nadhrah telah menceritakan kepadaku orang yang pernah mendengar khutbah Rasulullah SAW ditengah-tengah hari tasyriq, beliau bersabda: “Wahai sekalian manusia! Rabb kalian satu, dan ayah kalian satu (maksudnya Nabi Adam). Ingatlah. Tidak ada kelebihan bagi orang Arab atas orang Ajam (non-Arab) dan bagi orang ajam atas orang Arab, tidak ada kelebihan bagi orang berkulit merah atas orang berkulit hitam, bagi orang berkulit hitam atas orang berkulit merah kecuali dengan ketakwaan. Apa aku sudah menyampaikan?” mereka menjawab: Iya, benar Rasulullah SAW telah menyampaikan.” (HR.Ahmad dari Dari Abu Naḍrah)

Baca Juga:  Jawaban Materi Perkembangbiakan Tumbuhan IPAS kelas 4

Baca Juga: Jawaban Materi dan Massa BAB 2 tentang Wujud Zat dan Perubahannya IPAS kelas 4

Soal TTS

Jawaban Soal TTS Pendidikan Agama Islam SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka

 

Soal dan Jawaban TTS

MENDATAR

3. Nomor ayat dari surah al-Ḥujurāt yang berisi tentang keragaman manusia adalah…

Jawab : tigabelas

4. Allah Subhanahu wata’ala menjadikan manusia beragam … dan bangsa.

Jawab: Suku

Baca Juga: Jawaban Materi Peyebaran Biji Bab Perkembangbiakan Tumbuhan IPAS kelas 4

MENURUN

1. Salah satu bangsa besar di dunia adalah…

Jawab : Arab

2. Manusia pertama yaitu ….

Jawab: Adam

5. Yang menjadikan manusia mulia di sisi Allah Subhanahu wata’ala adalah …..

Jawab: Taqwa

Manusia yang beragam itu sesungguhnya setara di hadapan Allah. Yang membedakan mereka adalah ketaqwaannya. Kemuliaan manusia di sisi Allah ditentukan tingkat ketaqwaan mereka. Surat Al Hujurat ayat 13 inilah yang digunakan Rasulullah untuk menghapuskan fanatisme jahiliyah dan diskriminasi.

Ayat ini memberitahukan bahwa manusia berasal dari satu keturunan yakni Nabi Adam dan Hawa. Sehingga pada hakikatnya mereka setara. Keragaman adalah sunnatullah karena Allah menjadikan manusia berkembang demikian banyak sehingga menjadi berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Keragaman itu bukanlah untuk saling memusuhi melainkan untuk saling mengenal, saling bekerja sama dan saling memberikan manfaat.

Baca Juga: Tadabbur Qur’an surat Al-maidah Ayat 48, PAI SMA Kelas X

Seluruh manusia sama kedudukannya di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Yang membedakan adalah ketaqwaannya. Manusia yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa. Allah Maha Mengetahui segala hal yang dilakukan oleh manusia termasuk bagaimana tingkat ketaqwaan mereka dan bagaimana sikap mereka terhadap manusia lainnya khususnya terkait keragaman. Ayat ini mengajarkan kesetaraan, toleransi dan kerjasama serta menghapus diskriminasi.

Demikianlah Jawaban Soal TTS Pendidikan Agama Islam SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka dan Ringkasan Materi Surat Al Hujurat ayat 13 yang bloggers rangkum dari bergam sumber. Semoga bermanfaat! Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Baca Juga:  KKM Kurtilas Kelas 5 Terbaru Download Sekarang! Gratis

Tinggalkan komentar