Jawaban Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna Pendidikan Agama Islam SD kelas 4

Jawaban Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna Pendidikan Agama Islam SD kelas 4

Jawaban Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna Pendidikan Agama Islam SD kelas 4 – Assalamualaikum Sobat Bloggers, kali ini bloggers akan membahas mengenai Jawaban Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna Pendidikan Agama Islam SD kelas 4 yang terdapat pada pada Buku Siswa Mata pelajaran PAI ( Pendidikan Agama Islam) Kurikulum Merdeka.

Jawaban pada artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal soal yang terdapat pada Buku Siswa. Namun, ada bainya kalian mencoba untuk mengerjakannya dulu sendiri ya. Setelah itu, baru kalian cocokan jawaban kalian dengan jawaban berikut ini.

Jawaban Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna Pendidikan Agama Islam SD kelas 4

Allah Swt. memiliki nama-nama yang agung dan indah, nama-nama tersebut dikenal dengan Asmaul Husna. Asmaul Husna artinya nama-nama yang baik (indah). Cara mengenal Allah Swt. dapat dilakukan dengan mengetahui Asmaul Husna. Mengetahui Asmaul Husna dilakukan dengan cara membacanya dengan benar, memahami maknanya kemudian menghafalnya. Kita juga diperintahkan untuk berdoa dengan Asmaul Husna.

Baca Juga:  Jawaban Aktivitas 10.2 halaman 226 Buatlah Pertanyaan Sesuai Bacaan, Agama Islam Kelas 7

Baca Juga: Tadabbur Qur’an surat Al-maidah Ayat 48, PAI SMA Kelas X

Jumlahnya yang disebutkan di dalam hadis hanya 99 nama, tetapi di dalam Al-Qur’an terdapat nama-nama Allah selain ke-99 nama tersebut. Asma berarti nama dan husna berarti yang baik atau yang indah, jadi asmaulhusna adalah nama nama milik Allah yang baik lagi indah.

Bacalah ayat berikut Q.S al-A’rāf/7:180 dan terjemahnya!

Ayat2

Terjemah:

Dan Allah memiliki Asmaulhusna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asmaulhusna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Lima Asmaulhusna dan Artinya

1. Al-Mālik

Al-Mālik berarti Maharaja, Penguasa atas semua makhluk-Nya. Allah Swt. sendiri yang mengatur segala urusan mahkluk, karena hanya Allah Swt. yang Mahakaya dan Pemberi rezeki. Dia yang menguasai serta mengatur kehidupan dan kematian semua makhluk.

2. Al-‘Azīz

Al-‘Azīz adalah nama yang mencerminkan kemuliaan dan kebesaran zat-Nya. Allah Swt. mempunyai kedudukan yang Maha tinggi. Dia pemilik tunggal segala kemuliaan dan Dia yang memberikan kemuliaan kepada siapa saja yang dikehendaki.

Baca Juga: Komponen dan Cara Kerja Sistem Pengapian Konvesional, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK kelas XII

3. Al-Quddūs

Al-Quddūs memiliki arti bahwa Allah Swt. adalah Zat yang tersucikan dari segala macam kekurangan. Allah Swt. adalah satu-satunya sembahan bagi semua makhluk. Al-Quddūs juga menunjukkan bahwa Allah Swt. Mahasuci dari keserupaan makhluk dengan-Nya dan Mahasuci dari adanya sesuatu yang menyerupai-Nya.

4. As-Salām

As-Salām berarti Allah Swt. Mahasejahtera dan Maha menyelamatkan. Makna yang terkandung dalam Asmaulhusna ini adalah Dia selamat dari segala aib maupun kekurangan karena kesempurnaan Zat, sifat dan perbuatan-Nya. Allah Swt. pemberi keselamatan pada hamba-hamba-Nya.

Baca Juga:  RPP Kurtilas Kelas 5 Revisi 2018 Download disini Lengkap

5. Al-Mu’min

Al-Mu’min mengandung arti bahwa Allah Swt. adalah Tuhan yang memberi rasa aman pada seluruh makhluk-Nya. Dialah yang mengayomi dan menyediakan segala fasilitas bagi hamba-hamba-Nya, sehingga mereka dapat hidup tenteram.

Karena Allah bersifat demikian, maka kitapun harus berusaha untuk menciptakan keamanan bagi setiap orang di sekeliling kita, seperti keluarga, tetangga dan teman.

Baca Juga: Jawaban Bacaan Volume BAB 2 tentang Wujud Zat dan Perubahannya IPAS kelas 4

Soal dan Jawaban Esay

A. Soal dan Jawaban Dalam Bentuk Kolom

1. Allah Subhanahu wata’ala adalah Zat yang tersucikan dari segala macam kekurangan.

Jawaban:

Asmaulhusna : Al-Quddūs

2. Allah Subhanahu wata’ala adalah Tuhan yang selalu mengayomi serta memberikan rasa damai.

Jawaban:

Asmaulhusna : As-Salām

3. Allah Subhanahu wata’ala adalah penguasa atas semua makhluk-Nya.

Jawaban:

Asmaulhusna : al-Mālik

Baca Juga: Jawaban Materi dan Massa BAB 2 tentang Wujud Zat dan Perubahannya IPAS kelas 4

4. Allah Subhanahu wata’ala adalah Tuhan yang memberi rasa aman pada seluruh makhluk-Nya.

Jawaban:

Asmaulhusna : al-Mu’min

5. Allah Subhanahu wata’ala pemilik tunggal segala kemuliaan.

Jawaban:

Asmaulhusna : al-Azīz

B. Jawaban contoh perilaku terpuji yang mencerminkan teladan Asmaulhusna

1. Al-Quddūs

Jawaban:

Mandi dengan teratur, menyapu, rendah hati.

2. As-Salām

Jawaban:

Tenang Ketika berada di acara, tertib di kelas.

3. Al-Mālik

Jawaban:

Menahan diri saat marah, menahan diri mengganggu teman.

4. Al-Mu’min

Jawaban:

Santun, berkata sopan.

Baca Juga: Jawaban Materi Peyebaran Biji Bab Perkembangbiakan Tumbuhan IPAS kelas 4

5. Al-‘Azīz

Jawaban:

Senang membantu orang, beribadah istiqamah.

C. Soal dan Jawaban Esay

1. Perhatikan 4 profesi berikut ini!
Tentukan profesi di atas yang meneladani Asmaulhusna Al-Quddūs beserta alasan!

Jawaban:

a. Polisi

alasan: membersihkan penyakit-penyakit masyarakat di tengah-tengah warga. Seperti pencurian, pembunuhan, narkoba dan lain-lain

b. Guru

Baca Juga:  Jawaban Aktivitasku halaman 89 Intisari Cerita Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah

alasan: membersihkan masyarakat dari kebodohan

c. Petugas kebersihan

alasan: menjaga kebersihan lingkungan

Baca Juga: Jawaban Materi Perkembangbiakan Tumbuhan IPAS kelas 4

2. Jelaskan arti dari Asmaulhusna As-Salām!

Jawab:

As-Salām berarti Allah Subhanahu wata’ala Mahasejahtera dan Maha Menyelamatkan. Makna yang terkandung dalam makna ini adalah Dia selamat dari segala aib maupun kekurangan karena kesempurnaan Zat, sifat dan perbuatan-Nya. Allah Subhanahu wata’ala pemberi keselamatan pada hamba-hamba-Nya.

3. Damar terpilih menjadi ketua kelas kemarin. Dia ingin melaksanakan tugasnya dengan baik.
Jelaskan 2 hal yang harus dilakukan oleh Damar sebagai ketua kelas untuk meneladani Asmaulhusna Al-Mu’min?

Jawab:

Yang harus dilakukan Damar antara lain:
a. Menjaga ketertiban anggota kelas
b. Mengayomi semua anggota kelas.

4. Bacalah dengan cermat pernyataan berikut!
Andi selalu bersikap santun kepada temannya. Ia menjaga lisannya. Tidak berkata kotor. Perkataannya selalu menyenangkan.

Apakah Andi meneladani Asmaulhusna Al-‘Azīz? kemukakan alasanmu!

Jawab:

Ya, karena Andi telah bersikap santun dan menjaga lisan sehingga akan terjaga kemuliaannya.

5. Perhatikan kalimat ajakan berikut yang mencerminkan Asmaulhusna As-Salām!
“Mari sebarkan hidup damai di negeri kita!”

Buatlah kalimat ajakan yang juga mencerminkan teladan Asmaulhusna As-Salām!

Jawab:

“Ayo jaga kedamaian agar hidup kita senantiasa tentram dan di ridhoi oleh Allah SWT”

Baca Juga: Jawaban Soal TTS Pendidikan Agama Islam SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Penutup

Mengetahui Asmaul Husna dilakukan dengan cara membacanya dengan benar, memahami maknanya kemudian menghafalnya. Kita juga diperintahkan untuk berdoa dengan Asmaul Husna.

Karena, Barang siapa yang meneladaninya, orang tersebut akan mendapat banyak manfaat. Diantaranya adalah Meningkatkan iman dan takwa, Terhiasinya kepribadian dengan sifat-sifat Allah, Makin dekat dengan Allah dan  Selalu berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan.

Demikianlah Jawaban Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna Pendidikan Agama Islam SD kelas 4 Kurikulum Merdeka dan Ringkasan Materi Teladan Mulia Asmaulhusna yang bloggers rangkum dari bergam sumber. Semoga bermanfaat! Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh