Jawaban Aktivitasku halaman 89 Intisari Cerita Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah

Photo of author

Jawaban Aktivitasku halaman 89 Intisari Cerita Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah – Halo sobat bloggers, kali ini bloggers akan membahas mengenai Jawaban Aktivitasku halaman 89 Intisari Cerita Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah. Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Jawaban pada artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal soal yang terdapat pada Buku Siswa. Namun, ada bainya kalian mencoba untuk mengerjakannya dulu sendiri ya. Setelah itu, baru kalian cocokan jawaban kalian dengan jawaban berikut ini.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 10.7 halaman 240 Hikmah Kisah Kegigihan B.J. Habibie

Jawaban Aktivitasku halaman 89 Intisari Cerita Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah.

Perhatikan gambar berikut!

Jawaban Aktivitasku halaman 89 Intisari Cerita Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah
Gambar 5.6 Penduduk Yaṡrib menyambut Nabi saw. dengan gembira

Beliau disambut dengan sangat meriah di jalan atau dari atas rumah-rumah. Masyarakat, di antaranya juga para wanita yang mengelu-elukan beliau dengan syair-syair pujian yang mengharukan. Salah satunya yang sangat terkenal, yaitu:

Jawaban Aktivitasku halaman 89 Intisari Cerita Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah

Demikianlah, semua menginginkan agar Nabi Muhammad saw. tinggal di rumahnya. Mereka menarik kendali unta agar Nabi Muhammad saw. sudi, tetapi beliau berkata: “biarkan saja unta nanti berjalan, dia diperintah.” unta kemudian berhenti duduk di lokasi Masjid Nabawi sekarang.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 10.6 halaman 235 Tuliskan Nama Ilmuwan dan Bidang Keahliannya Pada Masa Bani Umayyah

Lalu ia bangkit dan berjalan lagi beberapa langkah sambil menoleh ke kiri dan ke kanan, kemudian kembali ke lokasi semula. Di lokasi tersebut bermukim keluarga Nabi Muhammad saw. dari Bani an-Najjar. Nabi Muhammad saw. turun. Abu Ayyub al-Ansari segera mengambil barang-barang beliau. Walau setiap keluarga di perkampungan ini mendesak agar beliau tinggal di rumahnya, tetapi beliau mengelak dengan bersabda: “seseorang hendaknya tinggal di mana barangnya berada.”

Baca Juga:  Jawaban Bacaan Suka dan Tidak Suka Bahasa Indonesia Kelas 4

Setelah tiga hari kemudian Ali bin Abi Thalib menyusul, selesai tugas beliau mengembalikan amanat (titipan) orang yang dititipkan kepada Nabi Muhammad saw. waktu beliau masih di Makkah. Isteri Nabi, Saudah binti Zam’ah bersama Fatimah dan Ummu Kulsum (putri-putri Nabi Muhammad saw.), Usamah bin Zaid dan Ummu Aiman (pengasuh Nabi Muhammad saw. di waktu kecil) juga menyusul hijrah ke Madinah.

Kaum Muslimin yang pindah dari Makkah ke Madinah kemudian dikenal dengan nama kaum Muhajirin dan penduduk Madinah yang membantu perjuangan dakwah Nabi Muhammad saw. setelah hijrah ke Madinah disebut kaum Ansar.

Baca Juga: Jawaban Aktivitasku halaman 87 Intisari Cerita Yasrib menjadi Madinah

Demikianlah perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah untuk memulai babak baru; tugas mengeluarkan manusia dari aneka kegelapan menuju cahaya Islam.

Tulislah intisari cerita!

Jawaban:

Intisari Cerita:

Nabi Muhammad saw. disambut dengan meriah di kota Madinah oleh kaum Ansor dan Kaum Muslimin yang pindah dari mekkah ke Madinah dikenal Kaum Muhajirin.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Jawaban Aktivitasku halaman 89 Intisari Cerita Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah yang dapat bloggers berikan. Kalian bisa menemukan materi ini pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga: Jawaban Aktivitasku halaman 86 Intisari Cerita Perjalanan ke Madinah

Yang perlu diperhatikan adalah jawaban yang bloggers berikan tidak mutlak kebernarannya. Bloggers memberikan informasi sebagai bahan kalian belajar dirumah dan tidak menjadi acuan utama. Yang utama adalah materi yang kalian dapatkan dari bapak/ ibu guru kalian di sekolah ya! Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar