Jawaban Aktivitasku halaman 87 Intisari Cerita Yasrib menjadi Madinah

Photo of author

Jawaban Aktivitasku halaman 87 Intisari Cerita Yaṡrib menjadi Madinah – Halo sobat bloggers, kali ini bloggers akan membahas mengenai Jawaban Aktivitasku halaman 87 Intisari Cerita Yaṡrib menjadi Madinah. Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka. Jawaban pada artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal soal yang terdapat pada Buku Siswa. Namun, ada bainya kalian mencoba untuk mengerjakannya dulu sendiri ya. Setelah itu, baru kalian cocokan jawaban kalian dengan jawaban berikut ini.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 10.7 halaman 240 Hikmah Kisah Kegigihan B.J. Habibie

Jawaban Aktivitasku halaman 87 Intisari Cerita Yasrib menjadi Madinah

Pada tanggal 8 Rabi’ul Awwal 1 H./23 September 622 M. rombongan tiba di Quba. Nabi Muhammad saw. dan Abu Bakar disambut dengan sangat hangat, apalagi setiap hari setelah salat subuh sampai zuhur berhari-hari mereka menantikan kedatangan Nabi Muhammad saw.

Penduduk Madinah yang mendengar tibanya Nabi Muhammad saw. di Quba juga berdatangan menyambut beliau. Nabi Muhammad saw. di Quba tinggal selama empat hari (Senin, Selasa, Rabu dan Kamis). Di tempat itu beliau membangun Masjid Quba.

Hari Jumat beliau bersama Abu Bakar berangkat menuju Madinah diantar oleh keluarga ibu beliau dari Bani Najjar. Sebelum sampai ke Madinah, waktu salat Jumat telah tiba, maka beliau salat di perkampungan Bani Salim bin ‘Auf bersama rombongan yang berjumlah sekitar seratus orang. Lokasi itu dikenal juga dengan nama Wadi (lembah) ar-Ranuna Itulah salat Jumat Nabi yang pertama di Madinah.

Baca Juga:  Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 139 Saling Tolong Menolong Beda Agama

Setelah Salat Jumat beliau menuju Yaṡrib yang sejak hari itu berubah namanya menjadi Madīnatur Rasūl yang disingkat dengan al-Madīnah. Juga dinamai Thaibah. Sahabat Nabi Muhammad saw., al-Bara’ bin ‘Azib, yang menyaksikan peristiwa ini berkata: “Aku tidak pernah melihat penduduk Madinah sangat gembira seperti mereka menyambut Rasulullah saw.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 10.6 halaman 235 Tuliskan Nama Ilmuwan dan Bidang Keahliannya Pada Masa Bani Umayyah

Tulislah intisari cerita!

Jawaban:

Intisari Cerita:

Pada hari Jumat Yaṡrib berubah namanya menjadi Madīnatur Rasūl yang disingkat dengan al-Madīnah dan Rasululklah saw disambut oleh penduduk Madinah dengan gembira.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai JJawaban Aktivitasku halaman 87 Intisari Cerita Yasrib menjadi Madinah yang dapat bloggers berikan. Kalian bisa menemukan materi ini pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga: Jawaban Aktivitasku halaman 86 Intisari Cerita Perjalanan ke Madinah

Yang perlu diperhatikan adalah jawaban yang bloggers berikan tidak mutlak kebernarannya. Bloggers memberikan informasi sebagai bahan kalian belajar dirumah dan tidak menjadi acuan utama. Yang utama adalah materi yang kalian dapatkan dari bapak/ ibu guru kalian di sekolah ya! Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar