Jawaban Aktivitasku halaman 83 Intisari Cerita Awal Perjalanan Hijrah Nabi

Photo of author

Jawaban Aktivitasku halaman 83 Intisari Cerita Awal Perjalanan Hijrah Nabi – Halo sobat bloggers, kali ini kita akan membahas mengenai Jawaban Aktivitasku halaman 83 Intisari Cerita Awal Perjalanan Hijrah Nabi. Materi ini bisa kalian temuka pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 halaman 83.

Kalian bisa menemukan materi ini pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Jawaban pada artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal soal yang terdapat pada Buku Siswa. Namun, ada baiknya kalian mencoba untuk mengerjakannya dulu sendiri ya. Setelah itu, baru kalian cocokan jawaban kalian dengan jawaban berikut ini.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 9.2 halaman 199 Mari Bertafakur

Jawaban Aktivitasku halaman 83 Intisari Cerita Awal Perjalanan Hijrah Nabi

Pada tanggal 27 Shafar tahun ke empat belas kenabian, bertepatan dengan tanggal 12/13 September 622 M. Di tengah kegelapan malam, Nabi Muhammad saw. keluar dari rumah Abu Bakar. Beliau berdua tidak melewati pintu depan, melainkan dari celah dalam rumah menuju ke jalan belakang.

Hal ini dilakukan untuk kehati-hatian. Beliau berjalan kaki ke gua Ṡūr. Bahkan beliau berjalan dengan ujung jari-jari kakinya supaya tidak meninggalkan jejak yang dapat ditelusuri.

Nabi Muhammad saw. menempuh perjalanan dengan mengambil jalur selatan Makkah yang biasanya digunakan perjalanan ke Yaman, bukan jalur utara yang biasa digunakan menuju ke Madinah. Jalan ke gua sangat sempit, terjal dan banyak bebatuan.

Baca Juga: Jawaban Aktivitasku halaman 81, Intisari Cerita Ali bin Abi Thalib PAI Kelas 4

Baca Juga:  Jawaban Bacaan Tak Muat Lagi Bahasa Indonesia Kelas 4

Sebelum menjauh dari perbatasan Makkah, Nabi Muhammad saw. berhenti sesaat mengungkapkan rasa cinta beliau kepada tanah airnya. Beliau bersabda kepada kota Makkah seraya memandang ke Kakbah:

وَاللَّهِ إِنَّكِ لَخَيْرُ أَرْضِ اللَّهِ وَأَحَبُّ أَرْضِ اللَّهِ إِلَى اللَّهِ وَلَوْلَا أَنِّي أُخْرِجْتُ مِنْكِ مَا خَرَجْتُ

Artinya:

Demi Allah sesungguhnya engkau (wahai kota Makkah) adalah sebaik-baik bumi Allah dan yang paling Allah cintai. Andai aku tak diminta untuk keluar darimu maka aku tidak akan meninggalkanmu.”

Tulislah intisari cerita!

Jawaban:

Intisari Cerita:

Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad saw melalui jalur selatan diawali menuju Gua Ṡūr, Nabi Muhammad saw. sangat mencintai tanah kelahirannya kota Makkah.

Baca Juga: Jawaban Aktivitasku halaman 82 Intisari Cerita Nabi Muhammad saw. ke Rumah Abu Bakar

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Jawaban Aktivitasku halaman 83 Intisari Cerita Awal Perjalanan Hijrah Nabi yang dapat bloggers berikan. Kalian bisa menemukan materi ini pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Yang perlu diperhatikan adalah jawaban yang bloggers berikan tidak mutlak kebernarannya. Bloggers memberikan informasi sebagai bahan kalian belajar dirumah dan tidak menjadi acuan utama. Yang utama adalah materi yang kalian dapatkan dari bapak/ ibu guru kalian di sekolah ya! Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar