Jawaban Aktivitasku halaman 81 Intisari Cerita Ali bin Abi Thalib PAI Kelas 4

Photo of author

Jawaban Aktivitasku halaman 81 Intisari Cerita Ali bin Abi Thalib PAI Kelas 4 – Halo sobat bloggers, kali ini bloggers akan membagikan informasi dan materi mengenai Jawaban Aktivitasku halaman 81. Pada materi ini, kalian akan diminta untuk menuliuskan Intisari Cerita Ali bin Abi Thalib Menempati Tempat Tidur Nabi Muhammad SAW.

Kalian bisa menemukan materi ini pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Jawaban pada artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal soal yang terdapat pada Buku Siswa. Namun, ada bainya kalian mencoba untuk mengerjakannya dulu sendiri ya. Setelah itu, baru kalian cocokan jawaban kalian dengan jawaban berikut ini.

Baca Juga: Jawaban Bacaan Suka dan Tidak Suka Bahasa Indonesia Kelas 4

Jawaban Aktivitasku halaman 81

a. Ali bin Abi Thalib menempati tempat tidur Nabi Muhammad saw.

Kaum musyrik Quraisy sangat terpukul dengan keberhasilan sekian banyak sahabat Nabi Muhammad saw. berhijrah ke Madinah untuk membangun satu komunitas muslim yang hidup tenang, sambil berdakwah. Karena itu sebelum semakin membesarnya “agama baru” itu, mereka memutuskan untuk mencelakai Nabi Muhammad saw.

Mereka memilih dari setiap kelompok kaum musyrik pemuda-pemuda yang tangguh, kemudian mencelakai Nabi Muhammad saw. bersama-sama. Tujuannya agar tugas tersebut tidak hanya ditanggung oleh satu atau dua suku, dengan demikian keluarga besar Nabi Muhammad saw. tidak akan mampu melawan.

Jawaban Aktivitasku halaman 81 Intisari Cerita Ali bin Abi Thalib PAI Kelas 4

Allah Swt. menyampaikan rencana kaum musyrik Quraisy ini kepada Nabi Muhammad saw. maka beliau memerintahkan Ali bin Abi Thalib untuk tidur di pembaringan beliau sambil memakai selimut berwarna hijau buatan Haḍramaut yang biasa beliau pakai.

Baca Juga:  Jawaban Aktivitas 10.7 halaman 240 Hikmah Kisah Kegigihan B.J. Habibie

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 9.4 halaman 202 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7

Pemuda-pemuda terpilih itu memata-matai tempat pembaringan Nabi Muhammad saw. dan merasa yakin bahwa beliau masih sedang tidur nyenyak. Tetapi sebenarnya tanpa mereka sadari Nabi Muhammad saw. keluar rumah, meletakkan segenggam tanah di kepala masing-masing para pemuda tersebut sambil membaca firman Allah Swt. Q.S. Yāsīn/36:9

وَجَعَلْنَا مِنۢ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَٰهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُونَ

Artinya:

“Dan Kami jadikan di hadapan mereka sekat (dinding) dan di belakang mereka juga sekat, dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat”

Keesokan harinya mereka sungguh terperanjat karena hanya baru mengetahui bahwa yang mereka duga Nabi Muhammad saw. adalah Ali bin Abi Thalib yang Ketika ditanya bersikeras menjawab: “saya tidak tahu”.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 9.3 halaman 201 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7

Tulislah Intisari Cerita Ali bin Abi Thalib Menempati Tempat Tidur Nabi Muhammad SAW

Jawaban:

Intisari Cerita:

Kaum musyrik ingin membunuh Nabi Muhammad SAW. Namun, Ali bin Abi thalib menempati tempat tidur Nabi ketika beliau berangkat hijrah. Karena pertolongan Allah Nabi Muhammad saw dapat keluar dari kepungan kaum musyrikin.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 9.2 halaman 199 Mari Bertafakur

Penutup:

Demikianlah pembahasan kita mengenai Jawaban Aktivitasku halaman 81, Intisari Cerita Ali bin Abi Thalib yang menggantikan Rasulullah SAW menempati tempat tidur Nabi. Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa PAI Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan komentar