Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 5 Bacaan Tajwid Gunnah Qalqalah dan Mad Q.S. Al-Ḥujurāt 49:13

Photo of author

Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 5 Bacaan Tajwid Gunnah Qalqalah dan Mad Q.S. Al-Ḥujurāt 49:13 – Halo sobat bloggers, kali ini kita akan membahas mengenai Bacaan Tajwid Gunnah Qalqalah dan Mad pada Al-Quran Surat Al-Ḥujurāt 49:13.

Surat Al-Hujurat adalah surat yang ke-49 dalam Alquran. Surat ini terdiri dari 18 ayat yang kompleks. Surat Al-Hujurat membahas tentang konflik dan perdamaian secara berdampingan. Dan pada Ayat 13 pada Surat Al-Hujurat ini menjadi salah satu ayat yang menjelaskan tentang prinsip dasar hubungan antar manusia.

Baca Juga : Jawaban Aktivitasku halaman 83 Intisari Cerita Awal Perjalanan Hijrah Nabi

Pada Ayat 12 ini juga membahas tentang nilai kemanusiaan di sisi Allah SWT dengan menegaskannya melalui asal usul terciptanya manusia. Surat Al-Hujurat ayat 13 menegaskan bahwa manusia diperintahkan agar dapat saling mengenal dengan sesamanya. Dengan begitu, hal ini dapat semakin memudahkan setiap insan untuk saling memberi manfaat.

A. Membaca Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Ya ayyuhan-nāsu inna khalaqnakum min żakariw wa unṡa wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā`ila lita’ārafụ, inna akramakum ‘indallāhi atqākum, innallaha ‘alīmun khabīr.

Artinya:

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa”

Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 5 Bacaan Tajwid Gunnah Qalqalah dan Mad Q.S. Al-Ḥujurāt 49:13

Ayo, latihan membaca surah Al-Ḥujurāt/49:13! Bacalah berulang-ulang agar kalian dapat membaca surah Al-Ḥujurāt/49:13 dengan benar! Temukan contoh bacaan tajwid pada Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13!

Baca Juga:  Jawaban Bagaimana cara melakukan perawatan dan perbaikan kaca pada kendaraan?

Jawaban:

1. Gunnah ( mendengung 2 harakat)

a. ٱلنَّاسُ

b. إِنَّا

c. إِنَّ أَكْرَمَكُمْ

d. إِنَّ ٱللَّ

Baca Juga : Jawaban Aktivitasku halaman 82 Intisari Cerita Nabi Muhammad saw. ke Rumah Abu Bakar

2. Qalqalah ( memantul )

a. خَلَقْنَٰكُم

3. Mad ( Panjang )

a. ٱلنَّاسُ

b. إِنَّا خَلَقْنَٰكُم

c. وَأُنثَىٰ

d. وَجَعَلْنَٰكُمْ

e. شُعُوبًا

f. وَقَبَآئِلَ

g. لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ

h. أَتْقَىٰكُمْ

i. عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Baca Juga : Jawaban Aktivitasku halaman 81, Intisari Cerita Ali bin Abi Thalib PAI Kelas 4

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 5 Bacaan Tajwid Gunnah Qalqalah dan Mad Q.S. Al-Ḥujurāt 49:13 yang terdapat pada buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Yang perlu diperhatikan adalah jawaban yang bloggers berikan tidak mutlak kebernarannya. Bloggers memberikan informasi sebagai bahan kalian belajar dirumah dan tidak menjadi acuan utama. Yang utama adalah materi yang kalian dapatkan dari bapak/ ibu guru kalian di sekolah ya! Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar