Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 139 Saling Tolong Menolong Beda Agama

Photo of author

Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 139 Saling Tolong Menolong Beda Agama – Halo sobat Bloggers, Kali ini bloggers akan membahas mengenai Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 139 Saling Tolong Menolong Beda Agama. Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Jawaban pada artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal soal yang terdapat pada Buku Siswa. Namun, ada baiknya kalian mencoba untuk mengerjakannya dulu sendiri ya. Setelah itu, baru kalian cocokan jawaban kalian dengan jawaban berikut ini.

Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 139 Saling Tolong Menolong Beda Agama

Baca Juga: Jawaban Rajin Berlatih halaman 218 Rukhsah Kemudahan Dari Allah SWT dalam Beribadah

1. Diskusikan dengan kelompok kecilmu! Pilihlah salah satu soal!

a. Widya beragama Islam. Ia mempunyai saudara yang beragama Kristen. Saudaranya suka memberi hadiah. Widya tidak tahu apakah boleh menerima hadiah atau tidak. Bisakah kalian membantu bagaimana Widya bersikap?

Jawaban:

Baca Juga:  Jawaban Bab 3 Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman Pendidikan Agama Islam Kelas 4

Saling memberi hadiah adalah perilaku yang baik dan dianjurkan agama. Karena itu, kamu boleh menghadiahi teman atau saudaramu yang berbeda agama. Kamu juga boleh menerima hadiah dari temanmu yang berbeda agama.

Hadiah yang kamu terima dari saudaramu yang beragama Kristen boleh kamu terima asalkan kamu tetap percaya bahwa Nabi Isa adalan Nabi yang diutus Allah, bukan Tuhan, juga bukan anak Tuhan. Dengan begitu, Widya bisa menerapkan Budaya saling Tolong Menolong Beda Agama

b. Nurahmadani beragama Islam. Ia bersaudara dengan Wayan Kartini yang beragama Hindu. Ketika musim hujan, rumah Wayan Kartini kebanjiran. Nurahmadani kurang mengerti apakah boleh membantu Wayan Kartini. Bisakah kalian membantu bagaimana Nurahmadani bersikap?

Jawaban:

Saling membantu adalah perilaku yang baik dan diperintahkan agama, selama saling membantu dalam kebaikan dan takwa. Karena itu, kamu boleh membantu temanmu yang sedang terkena musibah, walaupun berbeda agama. Bukahkah Rasul juga menjenguk anak tetangganya yang sedang sakit padahal berbeda agama? Mengapa kita tidak mencontoh beliau sebagai teladan kita?

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 9.8 halaman 215 Hikmah Kisah Mabrur Walau Tidak Pergi Haji

Berdasarkan dalil Al-Qur’an Surat Al-Mumtahanah Ayat 8

لَّا يَنْهَىٰكُمُ ٱللَّهُ عَنِ ٱلَّذِينَ لَمْ يُقَٰتِلُوكُمْ فِى ٱلدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُم مِّن دِيَٰرِكُمْ أَن تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوٓا۟ إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُقْسِطِينَ

Arab-Latin: 

Lā yan-hākumullāhu ‘anillażīna lam yuqātilụkum fid-dīni wa lam yukhrijụkum min diyārikum an tabarrụhum wa tuqsiṭū ilaihim, innallāha yuḥibbul-muqsiṭīn

Artinya: 

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil”

Jadi, pada dasarnya seorang muslim boleh berbuat baik kepada non-muslim dalam suasana damai dengan membantu finansial, memberi makan, memberi pinjaman, menolong mereka dalam perkara-perkara yang mubah, serta berlemah lembut dalam tutur kata.

Baca Juga:  Jawaban Bacaan Volume BAB 2 tentang Wujud Zat dan Perubahannya IPAS kelas 4

2. Paparkan hasil belajar kelompokmu!

Setelah mengerjakan aktivitas diatas, sekarang waktunya kamu memaparkan hasil pekerjaan di depan kelas. paparkan hasil pekerjaanmu dengan penuh percaya diri dan mintalah pendapat dari teman dan gurumu.

Baca Juga: Jawaban Aktivitasku halaman 140 Berbuat dan Berkata Jujur

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 139 Saling Tolong Menolong Beda Agama yang dapat bloggers berikan. Kalian bisa menemukan materi ini pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Yang perlu diperhatikan adalah jawaban yang bloggers berikan tidak mutlak kebernarannya. Bloggers memberikan informasi sebagai bahan kalian belajar dirumah dan tidak menjadi acuan utama. Yang utama adalah materi yang kalian dapatkan dari bapak/ ibu guru kalian di sekolah ya! Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar