Jawaban Aktivitas 10.7 halaman 240 Hikmah Kisah Kegigihan B.J. Habibie

Jawaban Aktivitas 10.7 halaman 240 Hikmah Kisah Kegigihan B.J. Habibie

Jawaban Aktivitas 10.7 halaman 240 Hikmah Kisah Kegigihan B.J. Habibie – Hallo sobat bloggers, kali ini kita akan membahas mengenai Jawaban Aktivitas 10.7 halaman 240 Hikmah Kisah Kegigihan B.J. Habibie dalam Menuntut Ilmu. Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kalian bisa menemukan materi ini pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka. Jawaban pada artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal soal yang terdapat pada Buku Siswa. Namun, ada baiknya kalian mencoba untuk mengerjakannya dulu sendiri ya. Setelah itu, baru kalian cocokan jawaban kalian dengan jawaban berikut ini.

Baca Juga: Jawaban Aktivitasku halaman 81, Intisari Cerita Ali bin Abi Thalib PAI Kelas 4

Jawaban Aktivitas 10.7 halaman 240 Hikmah Kisah Kegigihan B.J. Habibie

Bacalah kisah di bawah ini!

Kegigihan B.J. Habibie dalam Menuntut Ilmu

Kalian pasti tahu nama B.J. Habibie. Ya, beliau adalah ilmuwan Indonesia yang terkenal dan pernah menjadi Presiden RI. Kuliah di Jerman menjadi keputusannya yang menantang dalam perjalanan hidupnya.

Sebelum ke Jerman, ia telah kuliah di ITB Bandung selama 6 bulan mengambil teknik elektro. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan S1 dan S2 di Jerman. Tekadnya adalah ingin menjadi manusia yang berguna bagi bangsa khususnya dalam menciptakan pesawat terbang sehingga Indonesia bisa dikenal di dunia. Cita-cita ini mengantarkannya untuk kuliah di Jerman.

Baca Juga:  Jawaban Bacaan Pantan Terong Yang Instagramable

Biaya pendidikan di Jerman bukan dari beasiswa, melainkan dari orang tua sendiri. Walaupun orang tuanya bukan dari keluarga berada, mereka menginginkan anaknya tidak dibiayai oleh orang lain.

Baca Juga: Jawaban Aktivitasku halaman 82 Intisari Cerita Nabi Muhammad saw. ke Rumah Abu Bakar

Tempat tinggal BJ. Habibie cukup jauh dari pusat kota dengan fasilitas seadanya. Berjalan kaki dari rumah ke kampus dilakukannya untuk menghemat biaya transportasi. Jerih payahnya terbayarkan. Ia berhasil menyelesaikan S1 dan S2 dengan hasil yang luar biasa, meskipun dengan biaya yang terbatas.

Setelah lulus S2, dia bekerja mejadi asisten professor. Dia memperoleh kesempatan untuk melanjutkan ke program Doktor. B.J. Habibie dapat meraih gelar Doktor dalam bidang teknologi pesawat pada usia 28 tahun. B.J. Habibie terbiasa mengatasi permasalahan sendiri. Dia tetap istiqāmah untuk menerapkan nilai-nilai yang pernah diajarkan oleh orang tuanya, meskipun tinggal di Jerman.

Hal yang luar biasa, kemampuan bahasa Jerman-nya melebihi rata-rata orang asing. Keturunan dan juga asal-usul beliau sempat dipertanyakan. Dengan candaan, beliau menjawab bahwa ayahnya pernah makan daging orang Jerman seolah dirinya memiliki darah Jerman.

Beliau diakui oleh dunia berkat tekadnya untuk menjadi orang terbaik. Beliau dikenal sosok jenius yang dikagumi oleh dunia, khususnya oleh orang Jerman.

Baca Juga: Jawaban Aktivitasku halaman 83 Intisari Cerita Awal Perjalanan Hijrah Nabi

Tuliskan hikmah atau pelajaran yang dapat diambil dari kisah di atas pada buku tugasmu!

Jawaban:

Hikmah Kisah Kegigihan B.J. Habibie dalam Menuntut Ilmu

Kenyataannya, B.J. Habibie juga seorang individu dengan nilai-nilai keteladanan yang pantas untuk diteladani. Apa saja hal tersebut?

1. Disiplin bagi waktu

Beragam gelar pendidikan dan kesuksesan di bidang Iptek mustahil ia dapat tanpa kedisiplinan yang tinggi. Contoh kecil dari kedisiplinan seorang B.J. Habibie ialah caranya dalam membagi waktu.

Baca Juga:  Jawaban Aktivitas 9.3 halaman 201 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7

Dalam dua puluh empat jam, pria yang akrab dipanggil Eyang ini konsisten membagi waktunya untuk ibadah, olahraga, aktivitas pribadi, atau berbincang dengan para tamunya. Namun dari semuanya, ia paling banyak menghabiskan waktu untuk membaca dan menulis. Total ia mengalokasikan waktu tujuh jam untuk kedua aktivitas tersebut.

2. Rasa ingin tahu

Dalam banyak kesempatan, B.J. Habibie mengaku sebagai orang dengan rasa ingin tahu sangat tinggi. Panca inderanya aktif menangkap segala hal yang ada di sekelilingnya dan berusaha menganalisa. Dirinya tak pernah berhenti berpikir.

Untuk memuaskan rasa ingin tahunya maka ia banyak membaca buku saat malam hari. Hal ini berhubungan dengan kebiasaannya yang hanya tidur dalam waktu cukup singkat, hanya lima jam.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 5 Bacaan Tajwid Gunnah Qalqalah dan Mad Q.S. Al-Ḥujurāt 49:13

3. Penuh pengabdian

Nama B.J. Habibie sangat dipandang di dunia Iptek internasional. Dirinya bahkan sempat menjabat sebagai direktur perusahaan pesawat di Jerman. Namun, ketika panggilan untuk menjadi Presiden RI datang, ia tanpa ragu memutuskan pulang ke Tanah Air.

Alasan yang mendorongnya ialah, tawaran tersebut merupakan kesempatan memberikan segala ilmunya untuk kemajuan bangsa.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Jawaban Aktivitas 10.7 halaman 240 Hikmah Kisah Kegigihan B.J. Habibieyang dapat bloggers berikan. Kalian bisa menemukan materi ini pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka.

Baca Juga: Jawaban Rajin Berlatih Halaman 243 Andalusia Kota Peradaban Islam di Barat

Yang perlu diperhatikan adalah jawaban yang bloggers berikan tidak mutlak kebernarannya. Bloggers memberikan informasi sebagai bahan kalian belajar dirumah dan tidak menjadi acuan utama. Yang utama adalah materi yang kalian dapatkan dari bapak/ ibu guru kalian di sekolah ya! Semoga bermanfaat!