Cara Cek Wifi Rumah Dibobol

Jaringan Lemot? Ini Cara Cek Wifi Rumah Dibobol

Jaringan Lemot? Ini Cara Cek Wifi Rumah Dibobol – Terkadang kita curiga ketika wifi semakin lambat dan sering sekali nge-lag padahal hanya kita yang menggunakan jaringan internet di rumah. Pada akhirnya, kamu akan mencari Cara Memeriksa Apakah Tetangga membobol Wi-Fi kita.

Kamu mungkin curiga bahwa tetangga menggunakan Wi-Fi tanpa izin. Atau saja kita lupa, mungkin kamu memberikan kata sandi sekali, atau koneksi internet dan suatu saat, jaringan terasa lebih lambat dari biasanya. Jika kamu penasaran, Inilah Cara Cek Wifi Rumah Dibobol.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 10.7 halaman 240 Hikmah Kisah Kegigihan B.J. Habibie

Cara Cek Wifi Rumah Dibobol

Tidak Usah Jauh-jauh, Buktinya Ada di Router Kamu Loh. Jika koneksi internet terasa lebih lambat dari biasanya, kamu mungkin curiga seseorang menggunakan bandwidth melalui Wi-Fi. Tetapi internet lambat bukanlah buktinya: Mungkin ada banyak alasan lain mengapa internet di rumah terasa lambat .

Satu-satunya cara pasti untuk melihat apakah seseorang menggunakan Wi-Fi mu adalah dengan melihat daftar perangkat yang terhubung di router atau antarmuka titik akses Wi-Fi kamu. Untuk melakukannya, tentu saja kamu perlu membaca dokumentasi router tentang cara mengakses antarmuka konfigurasinya.

Hampir semua router konsumen menyediakan akses melalui browser web di alamat khusus lokal saja (seperti 192.168.0.1 atau 192.168.1.1), dan yang lainnya bahkan menyediakan akses melalui aplikasi seluler. Setelah kamu masuk ke router, kamu harus menemukan daftar perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi. Biasanya kamu akan menemukannya di bawah opsi seperti “Status,” “Status Nirkabel,” atau “Kontrol Lalu Lintas,”.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 10.6 halaman 235 Tuliskan Nama Ilmuwan dan Bidang Keahliannya Pada Masa Bani Umayyah

Karena tidak ada antarmuka router standar, jalur untuk menemukan daftar perangkat yang terhubung dapat sangat bervariasi antar vendor router. Setelah kamu berada di layar status koneksi nirkabel router, Kamu akan segera melihat daftar perangkat Wi-Fi yang terhubung ke jaringan.

Cari nama yang tidak dikenal dalam daftar perangkat. Setiap nama asing yang kamu lihat mungkin merupakan perangkat yang digunakan oleh tetangga untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi. Untuk benar-benar yakin, kamu harus mengesampingkan perangkat kamu sendiri di daftar itu.

Di antara TV pintar, konsol game, perangkat streaming, gadget rumah pintar, tablet, ponsel cerdas, dan lainnya, Kamu mungkin memiliki lebih banyak klien Wi-Fi daripada yang kamu sadari. Mungkin sedikit mengejutkan melihat mereka semua terdaftar untuk pertama kalinya.

Baca Juga:  Tips Atasi Sulit Akses infogtk kemdikbud.go.id untuk Cek BSU

Dan ketahuilah bahwa tidak semua perangkat Wi-Fi resmi Kamu akan memiliki nama yang jelas—mereka mungkin terdaftar sebagai alamat MAC . Jika tidak yakin apakah perangkat tertentu dalam daftar adalah milik kamu atau bukan, Kamu harus membandingkan alamat MAC perangkat yang dimiliki dengan perangkat dalam daftar, yang dapat memakan waktu jika memiliki banyak perangkat. klien Wi-Fi.

Baca Juga: Jawaban Aktivitasku halaman 86 Intisari Cerita Perjalanan ke Madinah

Selain itu, beberapa perangkat kamu mungkin memberikan alamat MAC acak baru untuk alasan privasi, yang dapat memperumit proses pencocokan ini. Jika sesuatu yang ilegal atau berbahaya telah terjadi akibat tetangga menggunakan Wi-Fi, kamu mungkin ingin mengambil tangkapan layar dari daftar koneksi perangkat nirkabel dari router, khususnya menangkap alamat MAC. Ini mungkin memberikan beberapa bukti bahwa koneksi telah terjadi—kalau-kalau nanti berguna.

Aplikasi Smartphone untuk melihat siapa saja yang menggunakan WiFi?

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk melacak penggunaan wifi. Dengan cara ini kamu bisa melihat siapa saja yang terhubung ke jaringan Wifi kamu hanya bermodalkan Ponsel Pintar saja. Berikut ini adalah daftar aplikasinya:

Pixel NetCut WiFi Analyzer

Jika kamu memang merasakan atau curiga ada penyusup yang login dan mencuri akses internetmu. Coba install aplikasi Pixel NetCut WiFi Analyzer dan pindai siapa saja yang terhubung ke modem WiFi kamu. Tidak hanya memindai pengguna WiFi, aplikasi pelacak pencuri WIFi ini memungkinkan kamu untuk memutuskan koneksi mereka. Syaratnya Android kamu harus sudah di-root agar bisa memutuskan internet mereka dari WiFi.

Fing – Network Tools

Jika Pixel NetCut perlu akses root terlebih dahulu, Aplikasi Fing akan berguna jika Smartphone kamu belum di-root, tapi ingin melacak siapa saja yang terhubung dengan WiFi kamu. Aplikasi Fing – Network Tools bisa kamu gunakan untuk melacak mereka dengan mudah tanpa perlu akses root. Sayangnya karena tidak dibekali akses root, fungsi kamu pun terbatas. Kamu hanya bisa melihat merk dan tipe smartphone orang yang terhubungnya saja.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 10.1 halaman 225 Pantun Pemantik, Agama Islam Kelas 7 SMP

WiFi Inspector

Alternatif lain jika smartphone kamu tidak di-root tapi ingin menangkap pencuri WiFi, gunakan saja WiFi Inspector. Aplikasi ini akan meninjau router kamu untuk memastikan siapa saja yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Itulah beberapa aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk melacak bahkan memutus jaringan pada perangkat terhubung yang kamu curigai.

Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Memang ada yang membobol WIfi kita?

Jika Kamu secara positif mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Kamu yang tidak seharusnya ada, ada beberapa cara berbeda yang dapat Kamu ambil. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika ada yang mengakses jaringan kamu tanpa sepengetahuanmu, di antaranya adalah

Baca Juga:  Cara Mengatur Nada Dering Android dan iPhone

Tambah atau Ubah Kata Sandi Kamu

Dalam kebanyakan kasus, hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengubah kata sandi Wi-Fi Kamu dan mem-boot ulang router Kamu. Namun, Kamu harus memasukkan kata sandi baru ke semua perangkat Wi-Fi Kamu agar dapat terhubung kembali. Jika Kamu tidak menggunakan kata sandi untuk memulai, kunci perute dan berhenti menyediakan titik akses terbuka .

Baca Juga: Jawaban Rajin Berlatih halaman 218 Rukhsah Kemudahan Dari Allah SWT dalam Beribadah

Blokir atau Larangan Sementara

Banyak router mengizinkan pemblokiran perangkat menggunakan pemfilteran alamat MAC . Beberapa (seperti antarmuka Synology yang ditunjukkan di atas) bahkan memungkinkan Kamu untuk memblokir perangkat langsung dari daftar perangkat yang terhubung. Ini tidak mudah karena perangkat MAC dapat dipalsukan, dan beberapa perangkat dengan sengaja mengubah alamat MAC mereka agar dapat diidentifikasi dengan jelas. Jika Kamu melakukan ini, itu hanya akan menjadi solusi sementara sampai Kamu mengamankan titik akses Wi-Fi Kamu.

Perkuat Enkripsi Kamu

Jika seseorang terhubung ke jaringan Wi-Fi Kamu dan Kamu belum memberikan kata sandinya, Kamu memiliki masalah yang jauh lebih besar. Itu berarti seseorang telah meretas jaringan Wi-Fi Kamu, dan jika demikian, kemungkinan besar Kamu menggunakan bentuk enkripsi Wi-Fi yang tidak aman dan usang. Hindari WEP, WPA1, dan WPA2-TKIP . Beralih ke WPA2 Pribadi/Profesional atau WPA3 Pribadi/Profesional jika memungkinkan.

Dapatkan Router Baru

Jika router Kamu sudah tua, mungkin tidak mendukung standar keamanan terbaru, atau mungkin memiliki bug yang dapat dimanfaatkan oleh tetangga jahat untuk mendapatkan akses ke koneksi internet Kamu. Jika demikian, Kamu harus mengupgrade ke router yang lebih baru sesegera mungkin.
Seperti disebutkan di atas, ada lebih banyak opsi , tetapi yang tercantum di sini berfungsi paling baik untuk sebagian besar kasus. Semoga berhasil, dan tetap aman di luar sana!

Baca Juga: Jawaban Aktivitas 9.8 halaman 215 Hikmah Kisah Mabrur Walau Tidak Pergi Haji

Bagaimana cara membatasi pengguna WiFi?

Mengutip dari indihome, beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk membatasi pengguna wi-fi agar kamu bisa internetan tanpa lelet!

Menggunakan Pengaturan Modem

Modem yang disediakan oleh provider internet memiliki pengaturan yang bisa Kamu akses langsung menggunakan web browser yang ada di komputer. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut

  • Buka browser dan masukan kode IP 192.168.8.1 pada kolom URL
  • Jika sudah masuk, isi username: user, dan password: user, lalu klik Login.
  • Pada halaman utama, masuk ke pengaturan, klik Network > SSID Setting > kemudian tentukan jumlah pengguna di kolom Maximum Clients
  • Klik Save untuk menyimpan pengaturan modem.

Menggunakan Aplikasi P2Pover

Selain melakukan pengaturan pada modem, Kamu bisa mencoba membatasi pengguna Wifi dengan menggunakan aplikasi P2Pover. Berikut adalah langkahnya:

  • Unduh dan install aplikasi P2Pover di Android atau PC.
  • Setelah terinstall, buka dan pilih System Setting untuk masuk ke halaman pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih Adaptor Jaringan dan klik OK.
  • Lalu pilih menu Schedule Setting lalu pilih New > Select All > OK.
  • Untuk mengatur jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan WiFi, pilih opsi Control All, kemudian klik Start > Apply Rule to Host Selected dengan cara klik kanan di salah satu bagian
  • Jika ingin memblokir perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi, caranya klik Drop – Host Selected, lalu pilih perangkat yang ingin Kamu blokir.
Baca Juga:  Merk Tripod yang bagus untuk kegiatan vlogging

Baca Juga: Jawaban Aktivitasku halaman 140 Berbuat dan Berkata Jujur

Menggunakan Aplikasi NetCut

Cara lain yang bisa Kamu coba adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan bernama NetCut untuk membatasi penggunaan WiFi, Berikut ini dalah langkah-langkah yang harus Kamu lakukan:

  • Pertama download dan pasang aplikasi Netcut, melalui halaman http://arcai.com.
  • Tunggu sampai proses download selesai.
  • Kemudian, Netcut akan secara otomatis melakukan pencarian pengguna WiFi yang terhubung dengan jaringan internet yang Kamu gunakan. Tunggu 2-3 menit.
  • Setelah daftar pengguna WiFi muncul, Kamu bisa langsung mengatur dan membatasi kecepatan jaringan WiFi setiap pengguna.
  • Selain itu, Kamu juga bisa memblokir beberapa pengguna yang tidak Kamu inginkan agar tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi tersebut.

Jika kamu mencari hal sederhana dalam membatasi akses ke jaringan kamu adalah dengan menggunakan password atau kata sandi yang rumit. Bagaimana caranya? Yuk disimak

Bagaimana cara mengubah password WiFi?

Seperti yang disebutkan diatas, Langkah paling mudah yang bisa Kamu coba adalah dengan menggunakan kata sandi atau password yang cukup rumit. Adapun caranya adalah sebagai berikut

  • Pastikan Kamu terhubung ke router access point, bisa menggunakan kabel LAN atau WiFi
  • Lalu buka browser pada kolom alamat, ketikkan IP Default dari router, klik Neter
  • Login menggunakan username dan kata sandi, klik Masuk.
  • Pilih Wireless dan Klik Wireless Security
  • Selanjutnya, Klik WPA/WPA2-Personal untuk menambahkan kata sandi yang rumit, lalu Save.
  • Selanjutnya, klik opsi Click Here lalu klik Reboot, klik OK.

Baca Juga: Jawaban Aktivitas Kelompok halaman 139 Saling Tolong Menolong Beda Agama

Penutup

Demikianlah Cara Cek Wifi Rumah Dibobol jika kamu curiga ada orang yang memakai Wi-Fi kamu secara ilegal atau tanpa permisi. Kamu bisa melakukanya melalui pengaturan modem atau aplikasi smartphone. Apabila memang ada yang menggunakan Jaringan internet kamu, hal yang perlu kamu lakukan adalah membatasi penggunanya. Kamu bisa melalukannya dengan menggunakan Aplikasi atau melalui pengaturan modem. Namun yang paling sederhana adalah dengan mengubah Kata Sandi atau Password yang kamu gunakan dengan menggunakan Kata Sandi yang Rumit.