Cara Mengatur Nada Dering Android dan iPhone

Photo of author

Cara Mengatur Nada Dering Android dan iPhone – Meskipun Android dan iOS keduanya dilengkapi dengan daftar nada dering yang bisa kamu atur secara default untuk semua kontak atau kontak tertentu, Kamu mungkin ingin menggunakan nada yang berbeda di ponsel kamu. 

Nada dering khusus juga layak dipertimbangkan jika ingin lagu favorit diputar saat seseorang menelepon atau mengirimkan pesan. Selain itu, menyetel nada dering khusus menambahkan sentuhan pribadi ke ponsel yang membuatnya berbeda dari yang lain dan mudah dikenali saat berada dalam kumpulan besar orang.

Kali ini bloggers akan memberikan infromasi mengenai langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan nada dering khusus di ponsel Android atau iPhone.

Cara menggunakan nada dering khusus di Android

Proses penggunaan custom ringtone di Android relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan iPhone. Tetapi sebelum masuk ke detailnya, penting untuk dicatat bahwa ada sedikit perbedaan dalam langkah-langkahnya tergantung pada perangkat Android yang kamu miliki. Hal ini dikarenakan—tiap merk ponsel tentunya memiliki antarmuka khusus yang tersedia di pasar.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan nada dering khusus di Android

  1. Pilih format file audio .MP3 yang ingin Anda atur sebagai nada dering khusus dan letakkan di folder ‘Nada Dering’ di ponsel Android. Kamu bisa melakukan ini melalui PC atau melalui aplikasi pengelola file di perangkat.
  2. Setelah audio berada di folder yang benar, buka Pengaturan > Suara dan getaran > Nada dering telepon .
  3. Ketuk opsi Suara Saya lalu pilih file audio yang ingin kamu atur sebagai nada dering khusus.
  4. Tekan tombol plus ( + ) lalu ketuk Simpan .
Baca Juga:  Deretan Smartphone dengan Fitur Fastcharging Terbaik

Nada dering biasanya dimainkan selama 30–45 detik. Oleh karena itu, kamu mungkin perlu memangkas file audio. Ada beberapa aplikasi khusus yang tersedia melalui Google Play yang memungkinkan kamu untuk memotong lagu atau melodi favorit menjadi nada dering. Kamu juga bisa menggunakan editor audio apa pun seperti Audacity di PC untuk memangkas audio.

Cara menambahkan nada dering khusus di iPhone menggunakan Finder

Jika kamu menggunakan macOS Big Sur atau versi lebih baru, kamu bisa mentransfer nada dering ke ponsel hanya dengan menggunakan Finder. Nada dering harus dalam format .m4r dan 30 detik atau kurang.

Jika kamu perlu mengedit file atau mengonversi format terlebih dahulu, bagian selanjutnya memiliki langkah-langkah yang bisa kamu ikuti. Jika memiliki file audio yang sesuai, langkah-langkahnya sangat sederhana. Inilah yang perlu Kamu lakukan setelah memiliki file audio .m4r untuk nada dering.

Baca Juga: Tips Atasi Sulit Akses infogtk kemdikbud.go.id untuk Cek BSU

  1. Hubungkan iPhone kamu ke komputer.
  2. Di Mac, buka Finder.
  3. Seret dan lepas nada dering ke perangkat iOS mu

Cara menambahkan nada dering khusus di iPhone menggunakan iTunes

iTunes Apple juga menyediakan cara bagi pengguna untuk membuat nada dering khusus untuk iPhone. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti saat menggunakan iTunes di PC Windows atau Mac.

  1. Buka iTunes dan tambahkan lagu ke perpustakaan musik yang ingin digunakan sebagai nada dering.
  2. Hubungkan iPhone ke komputer dan klik tombol iPhone di sebelah menu tarik-turun di bilah atas.
  3. Gulir ke bawah ke bagian Opsi pada halaman Ringkasan dan klik opsi yang berbunyi, ‘Kelola musik dan video secara manual.’ Tekan tombol Selesai dan kemudian Terapkan .
  4. Kembali ke perpustakaan musik di iTunes lalu pilih lagu yang ingin kamu konversi sebagai nada dering.
  5. Klik kanan pada judul lagu dan pilih Info Lagu lalu buka tab Opsi . Klik kotak centang mulai dan berhenti dan pilih titik mulai dan berhenti audio. Pastikan panjang audio yang kamu pilih adalah total 30 detik karena kamu tidak akan mendengar lagu sebagai nada dering lebih dari itu. Sekarang, pilih Oke .
  6. Pilih lagu dan kemudian pergi ke File > Convert > Create AAC Version .
  7. Klik kanan lagu tersebut dan pilih Show in Windows Explorer .
  8. Sekarang, ganti nama ekstensi file audio yang dikonversi menjadi .m4r dari m4a yang ada. Kamu hanya dapat mengganti nama ekstensi jika ekstensi nama file terlihat di PC. Kamu bisa mengaktifkannya dengan mengklik opsi View > File name extensions dari Windows Explorer.
  9. Salin file audio .m4r dan kembali ke iTunes lagi. Buka Perangkat dan kemudian iPhone dari bilah sisi kiri. Sekarang, klik kanan opsi Nada dan kemudian tempel. Nada dering khusus sekarang akan tersedia di iPhonemu.
Baca Juga:  Tips Atasi Sulit Akses infogtk kemdikbud.go.id untuk Cek BSU

Langkah-langkah ini hanya akan berfungsi dengan PC Windows dan mesin Mac yang berjalan di macOS Mojave dan versi lebih lama. Pada versi macOS yang lebih baru, Finder berfungsi sebagai alternatif iTunes untuk menyelaraskan musik dan konten media lainnya.

Baca Juga: Alasan Membeli Motor Matic Bagi Banyak Orang

Cara menggunakan nada dering khusus di iPhone

Jika tidak memiliki akses ke desktop atau ingin membuat nada dering khusus secara langsung melalui iPhone tanpa aplikasi pihak ketiga, atau menghubungkan iPhone ke PC atau Mac, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Unduh file audio ke iPhone yang ingin kamu atur sebagai nada dering khusus. Itu bisa dalam format .MP3 yang tersedia secara umum.
  2. Sekarang, unduh GarageBand dari App Store .
  3. Buka GarageBand dan gulir dari kanan ke kiri untuk memilih opsi Perekam Audio .
  4. Ketuk OK ke prompt perekaman audio dan kemudian pilih ikon ketiga dari sudut kanan atas.
  5. Sekarang, pastikan metronom dinonaktifkan. Ini tersedia tepat setelah tombol rekam di panel atas.
  6. Ketuk ikon Loops dari sudut kiri atas dan kemudian beralih ke tab Files dari atas. kamu sekarang dapat menelusuri item dari aplikasi File. Kamu harus memilih aplikasi audio yang ingin digunakan sebagai nada dering khusus. Kamu juga dapat memilih lagu yang disimpan secara lokal di perpustakaan musik. Namun, Kamu tidak dapat memilih lagu atau podcast yang tersedia melalui Apple Music.
  7. Setelah lagu dipilih, lagu itu akan muncul di layar Loops. Seret dan letakkan di timeline di Perekam Audio GarageBand.
  8. Ketuk tanda tambah (+).
  9. Sekarang, sesuaikan lagu dengan memotongnya dan memindahkan klip menggunakan jari. Kamu juga bisa memutar audio terakhir dari panel atas.
  10. Ketuk ikon panah dari sudut kiri atas. Kamu akan melihat proyek GarageBand. Kamu bisa mengganti nama proyek dengan nama yang diinginkan untuk nada dering khusus ini.
  11. Sekarang, ketuk dan tahan proyek dan pilih Bagikan . kemudian kamu akan melihat layar Bagikan Lagu di mana kamu harus memilih Nada Dering , lalu ketuk Lanjutkan untuk mengekspor audio akhir sebagai nada dering. kamu juga dapat mengganti nama nada dering sebelum mengekspornya sebagai nada dering dari aplikasi.
  12. Setelah audio dibuat, Kamu  dapat menggunakannya sebagai nada dering khusus dengan mengetuk opsi Gunakan suara sebagai… dari pop-up yang muncul setelah ekspor berhasil. Kamu juga dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Suara & Haptik > Nada Dering .
Baca Juga:  Jaringan Lemot? Ini Cara Cek Wifi Rumah Dibobol

Jika tidak ingin menggunakan GarageBand di iPhone, kamu bisa mengekspor lagu sebagai nada dering khusus menggunakan iTunes melalui PC Windows atau Mac atau menyelaraskannya melalui Finder di mesin Mac yang menjalankan versi macOS terbaru.

Tinggalkan komentar