PENGARUH KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Daftar Isi

 

PENGARUH KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN



SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS XI KOMPETENSI
KEAHLIAN
TEKNIK
PEMESINAN
SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN



 TAHUN AJARAN 2014/2015



Oleh:



Amzar Yulianto



NIM. 10503244010



 



ABSTRAK



Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh:
(1) Keaktifan siswa berorganisasi terhadap peningkatkan soft skills siswa kelas
XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015
; (2) Keaktifan siswa berorganisasi terhadap prestasi
belajar siswa  kelas
XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015
; (3) Peningkatan soft
skills
terhadap prestasi belajar siswa kelas
XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015
.



Penelitian
ini merupakan penelitian
kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian
Teknik
Pemesinan
SMK Muhammadiyah
Prambanan
. Pengambilan
sampel menggunakan teknik sampling purposive.
Jumlah sampel adalah 56 siswa yang terdiri dari kelas XI TPA berjumlah 27
siswa dan kelas XI TPB berjumlah 29 siswa.
Pengumpulan data dengan metode angket atau kuesioner dan
metode dokumentasi. Metode angket untuk mengumpulkan data
keaktifan
siswa berorganisasi
dan peningkatan
soft skills
, sedangkan metode dokumentasi untuk
mengetahui prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis regresi sederhana
.



Hasil
penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif keaktifan siswa
berorganisasi terhadap peningkatkan soft
skills siswa kelas
XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015
.
Hal ini ditunjuk
kan
dengan harga rxy
1 sebesar 0,493, r2xy1 sebesar 0,243, harga thitung sebesar 4,166 lebih besar dari ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 5% dan
persamaan regresi sederhana yakni Y
1 = 0,881 X+ 67,433; (2) Terdapat pengaruh positif keaktifan
siswa berorganisasi terhadap prestasi belajar siswa  kelas
XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015
.
Hal ini ditunjuk
kan
dengan harga rxy
2 sebesar 0,307, r2xy2 sebesar 0,094, 
harga thitung sebesar
2,367 lebih besar dari ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 5%, dan
persamaan regresi sederhana yakni Y
2 = 0,158 X + 70,823; (3) Terdapat pengaruh positif peningkatan
soft skills terhadap prestasi belajar
siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015
. Hal ini ditunjuk
kan dengan harga ry1y2 sebesar 0,267, r2y1y2
 sebesar
0,
071, harga thitung sebesar 2,037 lebih besar dari ttabel sebesar 2,003 pada taraf signifikansi 5%, dan
persamaan regresi
sederhana
yakni Y
1
= 0,
077 Y2 + 70,102.



 



Kata
kunci:
Keaktifan Siswa Berorganisasi, Soft Skills,
Prestasi Belajar, SMK
Muhammadiyah Prambanan

Posting Komentar