Jawaban Ayo Berlatih halaman 88 Hukum Lavoisier IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

 

Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier)

Pada tahun 1780-an, seorang ilmuwan Prancis Antoine Laviosier yang dikenal sebagai bapak kimia modern menyangkal keberadaan flogiston. Ia melakukan eksperimen dengan cara menggunakan deplogisticated gas hasil temuan Joseph Priestley. Antoine Lavoisier menamai deplogisticated gas sebagai gas oksigen. Laviosier menunjukkan bahwa proses pembakaran membutuhkan oksigen yaitu gas dengan massa tertentu yang dapat diukur dengan menimbang wadah tertutup. Oksigen terlibat dalam reaksi pembakaran. Kesimpulan dari eksperimennya menyatakan bahwa zat bernama flogiston dalam proses pembakaran itu tidak pernah ada. Mengapa? karena terbakarnya sebuah benda itu terjadi apabila oksigen bertemu dengan bahan yang terbakar. 

Nah berdasarkan ulasan sejarah perkembangan teori terkait pembakaran maka bagaimana perbedaan teori flogiston terhadap teori terkait pembakaran yang dikenal saat ini? Diskusikan dalam kelompok lalu jawablah pertanyaan berikut.

Ayo Berlatih

Lingkari jawaban yang paling tepat.

➤ Menurut teori flogiston pada reaksi pembakaran maka flogiston.......... (diambil/dilepaskan)

➤Menurut teori terkait reaksi pembakaran yang dikemukakan Lavoisier maka oksigen......... (diambil/dilepaskan) saat pembakaran untuk membentuk oksida.

Jawaban:

Hukum Lavoisier

➤Menurut teori flogiston pada reaksi pembakaran maka flogiston dilepaskan.

➤Menurut teori terkait reaksi pembakaran yang dikemukakan Lavoisier maka oksigen diambil saat pembakaran untuk membentuk oksida.


Terkait perhitungan pada eksperimen Lavoisier ternyata gabungan massa merkuri dan oksigen sama dengan massa merkuri oksida. Berkat temuannya ini Lavoisier menjadi orang pertama yang mencetuskan prinsip kekekalan massa dalam reaksi kimia. Menurutnya reaksi kimia dapat menyusun ulang unsur-unsur yang ada dalam zat-zat yang bereaksi, tetapi tidak menghancurkan massa yang terlibat dalam reaksi tersebut. Jadi massa zat tidak bisa diciptakan maupun dimusnahkan. Hasil akhir reaksi menyatakan bahwa dalam ruang tertutup maka zat-zat akan memiliki massa yang sama dengan zat-zat penyusunnya. Inilah yang disebut Hukum kekekalan massa.

Posting Komentar