Jawaban Aktivitas 1 halaman 3 Silsilah Keluarga IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Aktivitas 1

Apakah kalian mengetahui dari mana silsilah keluarga kalian berasal? Silakan kalian coba tuliskan silsilah keluarga seperti bagan di bawah!

Jawaban:

Silsilah Keluarga

Silsilah keluarga adalah susunan nama anggota keluarga dari beberapa generasi baik dari keluarga inti atau keluarga besar.

Silsilah keluarga berisi asal usul suatu keluarga atau catatan yang menggambarkan hubungan keluarga sampai beberapa generasi (nenek moyang).

Cara Mengetahui Silsilah Keluarga

Cara mengetahui silsilah keluarga adalah bertanya langsung secara lisan pada orang tua, melalui sebuah dokumen atau catatan, hingga dari nama marga. Namun, cara menulis silsilah keturunan yang efektif adalah menggunakan bagan silsilah keluarga. Cara tersebut masih cukup banyak digunakan secara luas oleh masyarakat umum di Indonesia terutama di daerah yang adat istiadatnya kuat.

Contoh Silsilah Keluarga Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam

Silsilah tersebut menjadi salah satu sejarah penting yang musti diketahui untuk bisa menumbuhkan rasa cinta kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam.

Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam merupakan nabi dan rasul terakhir dalam Agama Islam yang lahir pada Tahun Gajah (12 Rabiul Awal, 570 Masehi) di Kota Mekkah.

Ayah dari Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam itu bernama Abdullah bin Abdul Muthalib dan ibunya bernama Aminah binti Wahb. 

Nasab atau keturunan Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam sejak terlahir di dunia sudah dikenal mahsyur dan terpandang karena bertanggung jawab untuk menjaga Ka'bah dan memiliki kakek moyang dari seluruh bangsa Arab, Ismail bin Ibrahim.

Untuk mengenal lebih lanjut, Anda dapat mengetahui silsilah keturunan Nabi Muhammad melalui 3 nasab dan marga yang kini tersebar di beberapa wilayah; berikut penjelasannya!

1. Dari Nabi Muhammad ke Adnan

Nasab yang diawali dari Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam sampai ke Adnan adalah silsilah keturunan yang disetujui oleh sejarawan dan ahli nasab.

Silsilah ini dimulai dari Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam bin Abdullah bin Abdul Muthtalib, bin Hasyim, bin Abdu Manaf, bin Qushai, bin Kilab, bin Murrah, bin Ka’ab bin, Luay bin Ghalib, bin Fihr, bin Malik, bin Nadl, bin Kinanah, bin Khuzaimah, bin Mudrikah, bin Ilyas, bin Mudlar, bin Nizar, bin Ma’ad, bin Adnan.

2. Dari Adnan ke Ibrahim

Nasab kedua ini masih menjadi perdebatan dan sulit untuk dikompromasikan oleh banyak ulama dan ahli nasab.

Tetapi, seluruh ahli nasab menyetujui satu fakta, yaitu Adnan merupakan keturunan dari Ismail.

Silsilah dari nasab ini berlanjut dari Adnan bin Hanaisa’, bin Salaaman, bin Aus, bin Bauz, bin Qumwal, bin Ubay, bin Awwam, bin Nasyid, bin Haza, bin Baldas, bin Yadhaf, bin Thabikh, bin Jahim, bin Nahisy, bin Makhi, bin Aidh, bin Abqar, bin Ubaid, bin Da’a, bin Hamdan, bin Sinbar, bin Yastrib, bin Yahzan, bin Yalhan, bin Ar’awi, bin Aidh, bin Daisyan, bin Aishar, bin Aiham, bin Muqshir, bin Nahits, bin Zarih, bin Sumay, bin Muzay, bin Iwadhah, bin Iram, bin Qaidar, bin Ismail, bin Ibrahim.

3. Dari Ibrahim ke Adam

Acuan dari ahli kitab menyatakan bahwa Ibrahim ke Adam merupakan nasab yang diyakini sebagai keturunan Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam.

Nasab ini diawali dengan Ibrahim bin Tarah (Azar), bin Nahur, bin Saru’ (atau Sarugh), bin Ra’u, bin Falakh, bin Aibar, bin Syalakh, bin Arfakhsyad, bin Sam, bin Nuh, bin Lamk, bin Matusyalakh, bin Akhnukh (Idris), bin Yard, bin Mahla’il, bin Qainan, bin Anusy, bin Syits, bin Adam.

Contoh Bagan Silsilah Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam





Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan  tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa digunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Posting Komentar