Manfaat Kesehatan Makan Pakai Tangan Kanan seperti Sunah Rasulullah

Daftar Isi

Ternyata di dalam Islam, kamu lebih dianjurkan untuk makan pakai tangan. Hal ini sesuai dengan contoh yang diberikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang makan menggunakan tangan. Berbagai hadis juga menyebutkan bagaimana adab makan yang benar dalam Islam.

MAKAN adalah salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Di dalam ajaran agama Islam, makan memiliki adab kebaikan tersendiri, yakni makan memakai tangan kanan. Hal ini sebagaimana sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

"Setiap perbuatan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bisa dijadikan teladan. Termasuk bagaimana mengatur pola makan yang baik, serta menjadikan makan dengan tangan bagian dari sunah,"

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS Al Ahzab: 21)

Islam mengatur kehidupan sehari-hari umatnya dari hal terkecil hingga hal-hal besar, salah satunya adalah adab makan. Hal ini termasuk mencuci tangan sebelum makan, membaca Bismillah, makan sambil duduk, dan makan menggunakan tangan kanan.

Makan diawali dengan Bismillah dan menggunakan tangan kanan bukan tanpa alasan dan makna, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda,

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan, ucapkanlah ‘Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi’ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir aku makan).” (HR Abu Dawud dan at-Tirmidzi).

Membaca Bismillah dimaksudkan agar setan tak ikut makan atau minuman yang kita konsumsi. Lalu makan menggunakan tangan kanan, Rasulullah SAW bersabda,

“Apabila salah seorang dari kalian makan, makanlah dengan tangan kanan dan minumlah dengan tangan kanan karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR Muslim).

Lebih lanjut, kata Ustadz Ainul Yaqin, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu menggunakan tangan kanan ketika menyantap makanan. Kemudian sunah lainnya ketika makan yaitu Nabi menggunakan tiga jari.

"Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu makan dengan tangan kanan, mengunyah makanan dengan baik, tidak tergesa-gesa menelan makanan, makan dengan duduk tidak berdiri, dan berhenti sebelum kenyang, serta makanan yang halal tentunya,"

Ternyata, Sunah Rasul itu merupakan cara makan yang pas untuk mengukur porsi makan seseorang. Sementara itu, menjilati jari setelah makan memiliki banyak manfaat dan faedah bagi kesehatan.

Kemudian Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam ayat lainnya:

فَكُلُواْ مِمَّا رَزَقَڪُمُ ٱللَّهُ حَلَـٰلاً۬ طَيِّبً۬ا وَٱشۡڪُرُواْ نِعۡمَتَ ٱللَّهِ إِن كُنتُمۡ إِيَّاهُ تَعۡبُدُونَ

Artinya: "Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah." (QS An-Nahl: 114)

Setelah makan maka ucapkan Hamdallah sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Manfaat makan pakai tangan dapat memengaruhi kesehatan seseorang. Bahkan, penelitian di dunia kedokteran menyebutkan, makan menggunakan tangan yang sudah dibersihkan dinilai jauh lebih sehat dibandingkan menggunakan sendok.Tangan mengandung enzim RNase yang banyak dihasilkan oleh tiga jari, yakni ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah, yang berfungsi menekan aktivitas bakteri pathogen dalam tubuh.

Allah telah memberikan anugerah kepada setiap manusia alat makan yang canggih, yaitu tangan kita sendiri. makan menggunakan tangan memiliki lebih banyak manfaat, yakni untuk kesehatan tubuh manusia, antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Makan dengan tangan adalah bagian dari olahraga yang luar biasa, serta dapat membantu sirkulasi peredaran darah. Baik itu mencampur makanan bersama-sama atau membentuk gigitan makanan, menggunakan tangan membuat persendian dan jari-jari mudah bergerak yang setara dengan olahraga tangan lainnya.

2. Membantu mempertahankan proporsi makanan

Makan dengan tangan dapat membuat proses yang relatif lambat daripada makan dengan sendok. Selain itu, tidak hanya menghabiskan lebih banyak waktu mengunyah makanan, juga akan makan lebih sedikit.

3. Membentuk koneksi dengan makanan

Makan menggunakan tangan telah menjadi tradisi lama masyarakat. Orang-orang tidak hanya menggunakan tangan untuk makan, juga terbiasa duduk di tanah selama makan (sama seperti Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam duduk ketika makan).

Meskipun zaman telah berkembang, tempat makan lebih newah dan menggunakan meja, makan dengan tangan sambil duduk masih memiliki hubungan khusus dari masing-masing orang. Makan dengan tangan tidak hanya membuat merasa nostalgia, juga dapat membentuk hubungan dengan apa yang kita makan.

4. Pencernaan yang lebih baik

Tangan, perut, dan usus adalah rumah bagi beberapa bakteri yang dapat melindungi diri dari penyakit. Makan dengan tangan membantu bakteri ini memasuki tubuh dan melindungi sistem pencernaan agar tidak terkena bakteri berbahaya. Pastikan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum duduk untuk makan.

5. Dapat mencegah diabetes tipe-2

Makan dengan sendok atau alat makan terbaru lainnya dapat membuat makan lebih cepat yang dikaitkan dengan ketidak-seimbangan gula darah dalam tubuh. Ini mungkin bisa dikatakan bisa menimbulkan diabetes tipe-2.

Menurut salah satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 'Nutrisi Klinis', orang dengan diabetes tipe-2 lebih cenderung menjadi pemakan cepat yang menggunakan peralatan makan, dibandingkan dengan orang tanpa kondisi (pakai tangan). Telah terbukti bahwa makan dengan tangan, memperlambat proses makan dan dengan demikian, mencegah terkena diabetes tipe-2.

Wallahu a'lam bishawab.



Sumber:

https://muslim.okezone.com/

https://https://hot.liputan6.com/


Posting Komentar