Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 83 Mencari Ide Pokok Berdasarkan Teks Dikenal karena Menari Kurikulum Merdeka

Daftar Isi


Ide Pokok dan Ide Pendukung

Di kelas tiga sudah disinggung tentang ide pokok. Mari, kita ulang sedikit. Ide pokok adalah hal utama yang ingin disampaikan. Karena itu, ide pokok juga disebut gagasan utama atau pikiran utama. Ada ide pokok paragraf dan ada ide pokok tulisan. Ide pokok suatu paragraf biasanya dapat kita baca di dalam salah satu kalimat di paragraf tersebut. Sementara, ide pokok suatu teks utuh biasanya tidak tertulis begitu saja. Karena itu, untuk memahami ide pokok teks utuh, kita harus membaca semua paragraf. Dengan melihat hubungan ide pokok satu paragraf dengan paragraf lainnya dalam suatu tulisan, kita bisa mengetahui ide pokok tulisan tersebut. Ide pendukung atau gagasan pendukung adalah informasi tambahan yang menjelaskan ide pokok. Karena itu, ide pendukung sering pula disebut sebagai ide penjelas.

Latihan

Sekarang bacalah kembali teks “Dikenal karena Menari”. Temukan ide pokok dan ide pendukung setiap paragraf. Tuliskan di buku kalian. Tuliskan pula ide pokok dari teks “Dikenal karena Menari” tersebut. Kalian dapat membuatnya seperti tabel di bawah ini!

Untuk Cerita Lebih Lengkapnya bisa Adik - adik baca di Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Halaman 77, 78, 78 dan 80

Berikut Ide Pokok Berdasarkan Teks Dikenal Karena Menari

Paragraf 1

Ide Pokok: Lima desa yang terkenal dengan ciri khas tarian dan para penarinya.

Ide Pendukung: Kalimat lainnya

Paragraf 2

Ide Pokok: Desa Olehsari di Banyuwangi, Jawa Timur, terkenal dengan tari seblang.

Ide Pendukung: Kalimat lainnya

Paragraf 3

Ide Pokok: Desa Cempaga di Bali terkenal dengan tari baris.

Ide Pendukung: Kalimat lainnya

Paragraf 4

Ide Pokok: Desa Barikin di Kalimantan Selatan dikenal dengan tari baksa kembang.

Ide Pendukung: Kalimat lainnya

Paragraf 5

Ide Pokok: Desa Situraja di Jawa Barat terkenal dengan tari umbul.

Ide Pendukung: Kalimat lainnya

Paragraf 6

Ide Pokok: Desa Gigieng di Aceh dengan tari seudati.

Ide Pendukung: Kalimat lainnya

Ide Pokok teks “Dikenal karena Menari”:

Beberapa daerah terkenal karena tarian yang menjadi ciri khasnya.


Disclaimer: Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. 

Posting Komentar